SEO Site Review Versi Google

Jika anda seorang pemerhati atau pelaku usaha yang memanfaatkan online marketing terutama search engine marketing sebagai medium pemasaran tentu anda sangat memperhatikan Google, karena dia merupakan search engine dengan pangsa pasar terbesar di seluruh jagat maya. Anda yang belum sukses ingin website anda mendapatkan ranking yang tinggi di Google, sementara anda yang sudah sukses mendapat ranking yang baik ingin meningkatkannya lebih tinggi lagi.

Jika anda melihat narasi diatas merupakan potret keseharian anda, tentu anda akan sangat tertarik untuk mendengar saran-saran dari Google sendiri mengenai apa yang harus dan jangan anda lakukan dengan website anda jika ingin mendapatkan ranking yang baik di search engine tersebut.

Hal menarik untuk disimak adalah Matt Cutts dan timnya memberikan penakanan sangat tinggi pada faktor-faktor internal website sendiri dengan total 64% yang terbagi dalam komposisi yang seimbang antara Web Design dan Onsite SEO. Dari sini saja kita sudah bisa menyimpulkan pentingnya konten, struktur link, dan aspek-aspek internal lain untuk memastikan bahwa Google menganggap website kita merupakan sumber informasi yang berkualitas.

Baru-baru ini Search Quality Team Google di bawah pimpinan Matt Cutts menyelenggarakan sesi SEO Site Review pada event Google I/O 2010 yang diselenggarakan pada tanggal 19-20 Mei 2010 di Moscone Center, San Fransisco. Disini Matt Cutts dan tim ahlinya memberikan berbagai pandangan-pandangan yang mendalam dan tip-tip yang bermanfaat serta menggambarkan pendekatan modern yang dilakukan Google dalam mengembangkan kualitas hasil pencariannya.

Secara keseluruhan sesi tersebut dapat dikelompokan ke dalam beberapa topik sbb:

  • Web design dan aspek-aspek lain dalam pengelolaan website. Disini diberikan berbagai tip yang berhubungan dengan rancangan website dan aspek-aspek teknis mengelolaan website yang biasanya ditangani oleh webmaster yang langsung atau tidak langsung mempengaruhi efektivitas SEO sebuah website.
  • Onsite SEO. Topik bahasan ini penting baik bagi mereka yang ditugaskan untuk menangani SEO sebuah website maupun pemilik website itu sendiri supaya mereka bisa menganalisa apakah strategi dan teknik SEO yang mereka lakukan merupakan yang terkini, efektif, dan tidak melanggar ?aturan main? search engine.
  • Riset keyword. Pada bagian ini dibahas teknik dan saran yang berkaitan dengan riset keyword dan niche yang memberikan hasil maksimal.
  • Link building. Disini dibahas berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan link internal dan external yang berkualitas sehingga membawa manfaat yang maksimal.
  • Marketing. Membahas berbagai teknik marketing yang efektif tanpa harus melibatkan diri dalam aktivitas yang dinilai negatif seperti spamming dan sejenisnya, dan tetap berada di dalam koridor panduan kualitas pencarian Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *