Usaha Penulis Buku

Banyak penerbit buku yang membutuhkan naskah untuk di proses menjadi buku. Jumlah penerbit mencapai ratusan bahkan mungkin bisa ribuan. Mulai dari penerbit besar hingga penerbit kecil yang cukup produktif menerbitkan karya. Kabar gembiranya kini bukan zamannya lagi penulis mencari penerbit melainkan sebaliknya penerbit yang mencari penulis.

Apakah profesi menjadi penulis bisa menguntungkan? sekedar informasi bahwa satu naskah buku di bayar rata rata  Rp. 2 juta ? 3 jutaan untuk penulis pemula. Jika buku tersebut meledak , harganya bisa berlipat. Kamu harus mengambil peluang ini. Dengan menjadi penulis kamu tetap punya waktu untuk kuliah sekolah dan aktivitas lainnya.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan ketika memulai usaha ini :

  • Kumpulkan ide menarik dan brilian, menjadi lebih baik lagi jika ide tersebut belum pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya, tulisan yang anda buat saat di baca oleh orang lain tidak sama dengan buku buku yang lain, ini adalah daya tarik tersendiri.
  • Untuk itu perbanyak wawasan, berpikir tajam dan memiliki analisis yang kuat. Menulis memang tidak mudah anda harus terampil menerjemahkan ide ide ke dalam tulisan. Miliki juga kemampuan menjaga jaringan dan membina hubungan baik dengan banyak penerbit, sehingga buku yang sudah anda buat dengan mudah segera diterbitkan yang sebelumnya direview oleh penerbit.
  • Memang menulis di kertas mungkin sebagian orang akan lebih mudah mengembangkan ide ide namun pergunakan juga komputer untuk menulis, sehingga anda tidak perlu menulis ulang, jadi anda tidak repot sendiri. Dalam mencari referensi gunakan internet untuk mencari data yang anda perlukan selain dengan memiliki buku buku sebagai sumber referensi pula.

Saat terjun dalam bidang usaha ini ada beberapa hambatan yang mungkin akan anda temui :

  • Yang namanya usaha pasti adanya pesaing penulis yang sudah berpengalaman, anda tidak perlu berkecil hati atau minder, jadilah dir sendiri, pasti anda bisa.
  • Saat menulis memang membutuhkan waktu yang banyak dan konsentrasi, pilihlah waktu yang tepat, misal saat malam hari, dimana banyak yang beristirahat, sehingga tidak menganggu anda. Dan lakukan secara konsisiten jika penulis masih tergantung mood akan menghambat penulisan anda.

Berikut strategi usaha jika menekuni usaha kepenulisan ini :

  • Agar tuisan anda kaya akan kata banyak membaca baik buku, koran majalah dll. Kendalikan mood menulis anda, rajin rajinlah menstimulasi ide untuk di tuangkan ke dalam tulisan.
  • Kenali pula hal hal yang yang bisa memotivasi mu untuk menulis, jaga dan kembangkan terus..
  • Dan penting juga untuk bergabunglah dengan klub klub  membaca dan menulis, inilah yang  akan memotivasi anda untuk terus menulis karena di kelilingi oleh orang orang yang memiliki hoby yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *